Pelestarian Lingkungan Lewat Layar Kaca, KLHK Luncurkan Indonesia Green TV

Berita Lingkungan Hutan News Terkini

JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama PT Media Televisi Indonesia secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mengenai Pengembangan Media Publikasi Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Berkelanjutan.

Penandatanganan dilakukan pada Kamis (4/7/2024) di Jakarta oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dan Plt. Direktur Utama PT Media Televisi Indonesia, Moh. Arief S. Suditomo, serta disaksikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya.

Kerja sama ini bertujuan untuk meluncurkan “Indonesia Green TV”, sebuah platform yang akan mempromosikan pelestarian lingkungan hidup di Indonesia melalui media komunikasi yang informatif. PT Media Televisi Indonesia, dengan pengalaman dalam bidang broadcasting dan media online, diharapkan dapat memperkuat persiapan dan pelaksanaan peluncuran, termasuk memberikan bimbingan dan dukungan keahlian (training & expertise) untuk IGTV.

Dalam sambutannya, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan pentingnya kampanye publik dalam pengelolaan lingkungan hidup selain kebijakan. “Model informasi kini tidak lagi menunggu dari sumbernya, melainkan datang sendiri dan sering kali berkembang sendiri,” ujarnya. Menteri Siti menekankan pentingnya kemampuan seluruh Direktorat Jenderal dan Badan di KLHK untuk memberikan informasi yang tepat bagi publik demi internalisasi nilai-nilai lingkungan.

Menteri Siti juga menggarisbawahi pentingnya membangun kepercayaan publik melalui informasi yang disampaikan oleh IGTV. “Masyarakat perlu memahami informasi dari IGTV agar bisa mengetahui cara penyelesaian masalah lingkungan yang mereka hadapi,” katanya. Ia berharap bahwa informasi yang disampaikan melalui IGTV akan terus memasuki ruang publik dan mengungkapkan inisiatif masyarakat yang penting untuk pelestarian lingkungan.

Plt. Direktur Utama PT Media Televisi Indonesia, Moh. Arief S. Suditomo, menyatakan bahwa MoU ini menunjukkan komitmen kedua institusi untuk mengkampanyekan nilai-nilai konservasi secara profesional. “Kami berharap nilai-nilai tersebut dapat direalisasikan bukan hanya dalam bentuk konten, tetapi juga dalam bentuk pelestarian institusi yang dirintis bersama,” katanya.

Indonesia Green TV akan memulai dengan tujuh program, yaitu: Panorama, Fragmen, Responsi, Jurnal, Champions, Diplomasi Lingkungan, dan Gender and Youth. Program-program ini diharapkan dapat menjadi edukasi dan inspirasi terkait pelestarian lingkungan hidup, serta mendukung upaya KLHK dalam pelestarian lingkungan di Indonesia (Marwan Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *