Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat di Berbagai Daerah Indonesia

Berita Lingkungan News Perubahan Iklim Terkini

Ilustrasi hujan lebat.

JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa pada Senin, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Wilayah-wilayah yang masuk dalam peringatan ini antara lain Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, peringatan serupa juga diberikan untuk wilayah Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan. Sementara itu, Sulawesi Barat diperkirakan akan mengalami hujan lebat, sedangkan Aceh dan Nusa Tenggara Timur diprediksi menghadapi angin kencang.

Pada pagi hari, BMKG seperti dikutip Beritalingkungan.com dari Antara mencatat bahwa sebagian besar kota di Indonesia diperkirakan akan cerah atau cerah berawan. Namun, beberapa kota seperti Samarinda dan Tarakan diperkirakan mengalami hujan ringan. Kota-kota seperti Surabaya, Pekanbaru, Kupang, dan Padang diperkirakan akan cerah berawan sepanjang hari, sementara Yogyakarta dan Palangkaraya diprediksi berawan sepanjang hari.

Memasuki siang hari, hujan ringan diperkirakan masih terjadi di beberapa kota, yaitu Jambi, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Manado. Kota-kota seperti Medan, Palembang, Kendari, dan Ternate diprediksi akan mengalami hujan sedang, sedangkan Banjarmasin diperkirakan hujan disertai petir.

Pada malam hari, hujan petir diperkirakan akan turun di Manokwari, serta di Samarinda dan Tarakan pada dini hari.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memperkirakan cuaca berawan atau cerah berawan sepanjang hari. Namun, Kepulauan Seribu diprediksi akan mengalami hujan ringan pada dini hari.

Informasi cuaca ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi hujan dan cuaca ekstrem, serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan guna menghindari dampak negatif dari kondisi cuaca yang kurang bersahabat (Ant/BL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *