Update Tanah Longsor Padang, Dua Warga Hilang Berhasil Ditemukan Selamat

Bencana News Terkini

PADANG, BERITALINGKUNGAN.COM – Kecelakaan tanah longsor di Kelok Bento Panorama Dua, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, pada Selasa (7/5) sore, telah menelan dua korban, namun, berita baik datang ketika kedua warga yang hilang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang memastikan bahwa kedua korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat oleh tim SAR gabungan (08/05/2024). Mereka sebelumnya terjebak di bawah material longsoran di lokasi kejadian.

Selain itu, informasi dari lapangan mengindikasikan bahwa akses jalan Padang-Solok yang sempat tertutup akibat material longsor juga sudah dapat dilalui kembali, memfasilitasi mobilitas warga yang terdampak.

Peristiwa tanah longsor ini dipicu oleh hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Selasa (7/5) siang hingga sore hari. Akibatnya, material longsoran menutup akses jalan Padang-Solok di kedua arah, mengganggu lalu lintas kendaraan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D., menjelaskan bahwa tim gabungan telah dikerahkan dengan tiga alat berat untuk melakukan evakuasi, pencarian korban hilang, dan pembersihan material longsoran. Dia juga mengingatkan kepada warga untuk tetap waspada mengingat cuaca yang masih dinamis di wilayah Padang.

“Dalam menyikapi situasi cuaca yang masih belum stabil, kami mengimbau agar warga tetap waspada, terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan di wilayah Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang yang masih berpotensi terkena hujan lebat,” ungkapnya.

Peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi bencana alam yang tidak dapat diprediksi (Marwan Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *