Studi Illinois: Taman Kota dan Halaman Rumah Dukung Keragaman Burung dengan Cara Unik

Berita Lingkungan News Riset Satwa Terkini

Burung yang paling sering terlihat di halaman belakang di Urbana dan Champaign termasuk, searah jarum jam dari kiri atas, burung kardinal utara, burung pipit, burung kutilang rumah, burung pelatuk perut merah, dan burung pipit emas Amerika. Foto oleh Zak Sutton

IllINOIS, BERITALINGKUNGAN.COM– Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Illinois Urbana-Champaign menemukan bahwa taman kota dan halaman belakang rumah memiliki peran penting dan saling melengkapi dalam mendukung keragaman dan kelimpahan burung. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal Landscape and Urban Planning.

Penelitian yang dipimpin oleh Henry Pollock, seorang peneliti pasca doktoral di U. of I., ini mengamati keragaman burung di taman umum dan halaman pribadi di dua kota kembar, Urbana dan Champaign, yang memiliki sejarah perkembangan dan praktik pengelolaan ruang hijau yang berbeda.

Dalam penelitian ini, tim menemukan bahwa burung-burung mengandalkan ruang publik dan pribadi dalam berbagai musim untuk berbagai alasan. Praktik pengelolaan taman yang ditujukan untuk konservasi dan restorasi dikaitkan dengan peningkatan keragaman burung dan keberlanjutan spesies yang lebih jarang.

Di Urbana, yang memiliki lebih dari dua kali lipat ruang hijau publik dibandingkan dengan Champaign, terdapat keanekaragaman burung yang lebih tinggi. Urbana juga memiliki lebih banyak vegetasi dan suhu yang lebih sejuk di musim panas, yang mendukung keberadaan spesies burung yang lebih bervariasi. Beberapa spesies burung yang hanya terlihat di Urbana pada musim panas antara lain adalah belted kingfisher, scarlet tanager, dan yellow-billed cuckoo.

Sementara itu, taman-taman di Champaign lebih banyak fokus pada penyediaan infrastruktur untuk rekreasi manusia, tetapi halaman belakang di kedua kota tersebut memainkan peran penting, terutama pada musim dingin, dalam menyediakan komunitas burung yang beragam dengan tingkat keanekaragaman serupa dengan taman umum.

Menurut Carena Van Riper, profesor ilmu sumber daya alam dan lingkungan di U. of I. dan salah satu pemimpin studi, kegiatan mendukung burung liar seperti menyediakan pakan burung, tempat mandi burung, dan vegetasi asli bisa memiliki efek yang signifikan terhadap keragaman burung. “Mungkin ini akan memungkinkan orang untuk melihat bahwa ada perilaku kecil namun penting yang dapat mempengaruhi burung dan meningkatkan keragaman burung,” ujar Van Riper.

Penelitian ini juga menyoroti peran penting dari taman yang lebih besar di Urbana dalam mendukung keragaman burung, dengan halaman belakang di sekitarnya memberikan dukungan yang berbeda.

Dana untuk proyek ini disediakan oleh program grant Penelitian Interdisipliner Masa Depan dari College of Agricultural, Consumer and Environmental Sciences di U. of I., serta program grant Hatch dari Institut Pangan dan Pertanian Nasional Kementerian Pertanian AS (Marwan Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *