Aparat Selidiki Lahan Terbakar di Kecamatan Meral Barat Riau Terbakar

Berita Lingkungan Hutan News Terkini

RIAU, BERITALINGKUNGAN.COM– Di tengah sejumlah bencana hidrometeorologi basah terjadi di Jawa Tengah, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) teridentifikasi di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepuluaan Riau. Lebih dari 10 hektar lahan terbakar pada peristiwa tersebut.

Karhutla yang terjadi pada Minggu (17/3), pukul 08.00 WIB terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Karimun.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat lahan terbakar mencapai 10,25 hektar. Aparat berwenang masih melakukan penyelidikan atas terjadinya kebakaran yang telah berhasil padam tersebut.

Hal tersebut disampaikan Abdul Muhari, Ph.D, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB kepada Beritalingkungan.com (21/03/2024).

Ia menuturkan insiden tersebut tidak sampai mengakibatkan adanya korban jiwa.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Indonesia masih terpantau berpotensi terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran di lapisan atas permukaan.

Berdasarkan pantauan, wilayah dengan potensi tidak mudah hingga sangat mudah terbakar, seperti sebagian kecil di Pulau Sumatra dan beberapa wilayah di Jawa.

Pada pantauan satelit Terra/Aqua, tidak terpantau adanya titik panas di Kepulauan Riau pada hari ini, Rabu (20/3).

Pada kurun waktu 2018 – 2023 luas lahan terdampak tertinggi terjadi pada tahun 2019 silam, dengan luas 494 hektar. Sedangkan pada tahun lalu, total luas lahan terbakar seluas 3,82 hektar (Marwan Aziz)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *