Pemprov DKI Jakarta Kembangkan Agro Eduwisata

Berita Lingkungan News Perkotaan Terkini Urban Farming

JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM –  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen mengembangkan agro eduwisata secara berkesinambungan. Hal itu bisa disaksikan di kebun Agro Eduwisata Bibit Tanaman yang berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Saat mengikuti kegiatan panen buah belimbing dan sayur bayam, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa buah-buahan dan sayur-mayur di tempat itu memiliki potensi yang cukup besar dan tentunya bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Ini lebih dari 13 hektar dari 14 kebun yang ada di Jakarta. Tadi panen buah belimbing, juga sayur bayam,” ujarnya.

Ariza juga menjelaskan jika belimbing sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kadar vitamin C yang tinggi dan airnya banyak. Belimbing juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

“Tadi coba dijus, rasanya manis asli, nggak (perlu) pakai gula. Nah, ini sesuatu yang baik, mudah-mudahan masyarakat lebih banyak mengonsumsi buah-buahan termasuk buah belimbing,” terangnya.

Wagub Ariza juga menyampaikan, program dan kegiatan yang ada di agro eduwisata tersebut sangat baik dan bermanfaat, khususnya sebagai sarana pembelajaran bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 63 yang letaknya tak jauh dari kebun tersebut.

“Di sini juga ada sekolah SMK 63 tentang pertanian, kurang lebih ada 743 siswa. Alhamdulillah, semuanya begitu lulus terserap di lapangan kerja yang tersebar di Jakarta,” katanya.

Selain sebagai tempat penelitian dan praktik serta pengembangan tanaman buah dan sayuran, Ariza menyebutkan, kebun agro eduwisata dapat dimanfaatkan oleh warga Jakarta yang ingin mendapatkan bibit tanaman.

Melalui konsep urban farming sebagai bagian dari kegiatan pertanian perkotaan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta siap membantu masyarakat yang ingin bercocok tanam di lahan sempit.

“Masyarakat bisa mengikuti prosedurnya secara online dan masyarakat ber-KTP DKI Jakarta bisa mendapatkan bibit belimbing dan bibit tanaman lainnya,” tegasnya.

Ariza juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing untuk ditanam tanaman yang bermanfaat, termasuk buah belimbing.

“Tadi kami minta juga, ternyata di sekitar Jakarta Selatan ini, lahan-lahan yang kosong bisa dimanfaatkan untuk berkebun, nanti bekerja sama dengan Dinas KPKP dan dengan sekolah,” tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta juga akan mengajarkan mengenai tata cara mengelola dan menanam berbagai tanaman, termasuk buah-buahan dan sayur-mayur, serta jenis tanaman lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. (Jekson Simanjuntak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *